Tutorial Memasukkan Infoperkara ke Dalam Website Joomla

Posted by hendro on Selasa, 13 Maret 2012

Bagaimana kabar agan-agan nih, kiranya cukup lama mataberkedip tidak update posting. Okelah, kali ini mataberkedip mencoba memberikan tutorial, langkah-langkah kita dalam memasang source code dari http://infoperkara.badilag.net ke dalam website kita khususnya web berbasis CMS Joomla.
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meng-input script berupa PHP agar bisa tampil ke dalam web Joomla. yaitu kita bisa menggunakan modul wrapper, namun cara ini masih terbatas pada letak halaman yang ditampilkan, yaitu hanya bisa tampil pada frontpage secara static. yang kedua bisa dengan cara yang pertama dan dipadukan dengan menginstall komponen ModulAnywhere, agar nantinya modul wrapper yang telah dibuat bisa dipanggil melalui Artikel. Dan ada lagi dengan menggunakan plugin Sourcerer, yaitu berfungsi untuk meletakkan script-script PHP langsung ke dalam Artikel. Nah, cara yang ketiga ini yang akan kita lakukan. Karena plugin ini sangat mudah dan powerfull untuk dikembangkan dalam website Joomla kita.

Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Kita download dahulu file-file PHP infoperkara di link berikut ini
Download infoperkara untuk website
2. Setelah di download extracklah di dalamnya ada 6 file PHP. lalu silahkan di edit semua dirubah Username nya. yaitu sesuai username agan di aplikasi infoperkara.
Untuk mengedit file PHP bisa menggunakan Notepad atau Notepad ++ kurang lebih tampilannya seperti ini :

3. Install Plugin Sourcerer yang bisa di download pada link ini Download Sourcerer
4. Apabila muncul gambar seperti ini ketika install plugin sourcerer, maka kita abaikan saja, karena plugin tetep bisa berfungsi.


5. Pastikan plugin Soucerer (editor button dan System) sudah di enable. Buka Extension >> Plugin Manager >> Editor Button - Sourcerer. dan System - Sourcerer
6. Langkah selanjutnya kita buat Artikel sebagai halaman untuk code script PHP yang akan dimasukkan.
Buka Content >> Artikel Manager >> New isikan semua kolom tersedia terutama Title, misalnya kita buat Rekap Info Perkara


7. Lalu kita input script PHP JenisPerkara yang masih kita buka di Notepad. Yaitu dengan cara Klik pada Tombol Insert Code pada pojok kanan bawah di halaman artikel.


8. Maka akan muncul jendela untuk memasukkan code-code atau script PHP kita (jenisperkara). Caranya kita copy semua script yang kita buka pada notepad kemudian paste kan pada jendela insert code tersebut. TAPI INGAT di baris paling atas harus ada code {source}, dan paling bawah (penutup) harus ada {/source}
9. Setelah semua kode masuk selanjutnya klik tombol Insert (atas kanan), maka pada artikel akan terlihat script yang tadi kita masukkan. Kemudian Simpan artikel tersebut dengan menekan tombol Save.


10. Selanjutnya kita buat Menu nya, yang berfungsi untuk memanggil halaman artikel yang berisi script PHP jenis perkara tersebut. Seperti biasa kita klik pada Menus dan pilihlah dimana menu akan diletakkan.

11. Lalu klik New dan pilihlah Type Menu Article >> Article Layout






12. Berilah Title menu tersebut dan pilihlah artikel sesuai yang kita buat di depan yaitu artikel Rekap Jenis Perkara. Kemudian klik Save


13. SELESAI. maka hasilnya bisa kita lihat seperti ini :


Langkah-langkah di atas bisa kita terapkan untuk ke-6 file yang tadi kita download. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar