FREE DOWNLOAD : QR Code Scanner Pro for Blackberry

Posted by hendro on Rabu, 01 Februari 2012


Mengenal QR Code
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang (barcode), yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang (barcode).

Sejarah Penggunaan QR Code
Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.  

Fungsi QR Code
Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring. Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR .

Cara Penggunaan QR Code 
Kode QR dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet GPRS atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut. Pelanggan, yang dalam hal ini adalah pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program pembaca kode QR, mengarahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka pelanggan dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju. Jika ingin mengakses kode QR dengan ponsel tanpa kamera, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah dengan menjalankan terlebih dahulu aplikasi peramban yang ada pada ponsel, lalu masukkan URL halaman yang bersangkutan, selanjutnya masukkan “ID” atau 7 digit nomor yang tertera di bawah kode dan klik tombol Go, maka pengguna akan memperoleh konten digital yang diinginkan. Hal ini tentu mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi yang ditawarkan oleh pemilik usaha. Jenis-Jenis aplikasi yang dapat membaca kode QR antara lain misalnya Kaywa Reader , yang dapat di instal pada ponselnokia,iMatrix, aplikasi untuk iPhone dan ZXing Decoder Online yang dapat digunakan untuk mendekode kode QR berupa imaji dengan memasukkan URL image maupun dengan menguploadnya  

Download QR Code Scanner Pro
Turn your phone into a QR Code scanner and start connecting the physical world to your mobile device.

Want to scan QR Codes with your phone? Tired of using other scanner apps that fail to scan a QR code with your phone’s camera ? Problem solved with QR Code Scanner Pro from JaredCo.

*** IMPORTANT PLEASE READ ***
This scanner is only for QR codes that are square and look like the one on the icon. Look at the screenshots to see the kind of code it will scan. It will not scan regular UPC product barcodes.

• QR Code Scanner Pro uses the latest BlackBerry® tools for more reliable QR code scanning. You no longer need to use your phone’s camera to take a picture of the QR Code. Simply put your phone over the QR Code and it will be scanned instantly and automatically.

• QR Code Scanner Pro has the power to do any function stored in any QR barcode that you scan. It will launch your browser, dial your phone, send an SMS or email, import a contact from a vCard, all effortlessly and seamlessly.

• QR Code Scanner Pro will vibrate when you have successfully scanned the barcode, giving you the heads up that you are good to go.

QR Scanner Pro is another innovative BlackBerry® tool from JaredCo, developer of apps with purpose.

JaredCo: We design them. We build them. We support them.
 
Item Information: 
Version: 1.915.0
Release: August 25, 2011
File Size: 183 KB
Support: sup​port​@jar​edco​mpan​y.co​m

Website: htt​p://​free​.jar​edco​.com
 
 
Supported Devices
BlackBerry 8100
BlackBerry 8110
BlackBerry 8120
BlackBerry 8130
BlackBerry 8130m
BlackBerry 8220
BlackBerry 8230
BlackBerry 8230f
BlackBerry 8300
BlackBerry 8310
BlackBerry 8320
BlackBerry 8330
BlackBerry 8330m
BlackBerry 8350i
BlackBerry 8520
BlackBerry 8530
BlackBerry 8700c
BlackBerry 8700f
BlackBerry 8700g
BlackBerry 8700r
BlackBerry 8700v
BlackBerry 8703e
BlackBerry 8705g
BlackBerry 8707g
BlackBerry 8707h
BlackBerry 8707v
BlackBerry 8800
BlackBerry 8820
BlackBerry 8830
BlackBerry 8830m
BlackBerry 8900
BlackBerry 8910
BlackBerry 8980
BlackBerry 9000
BlackBerry 9100
BlackBerry 9105
BlackBerry 9300
BlackBerry 9330
BlackBerry 9350
BlackBerry 9360
BlackBerry 9370
BlackBerry 9500
BlackBerry 9520
BlackBerry 9530
BlackBerry 9550
BlackBerry 9630
BlackBerry 9650
BlackBerry 9670
BlackBerry 9700
BlackBerry 9780
BlackBerry 9788
BlackBerry 9790
BlackBerry 9800
BlackBerry 9810
BlackBerry 9850
BlackBerry 9860
BlackBerry 9900
BlackBerry 9930
BlackBerry 9981
 
 
Screenshots
 
 
 
 
 

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar