Internet Yang Bebas dan Terbuka Akan Berakhir

Posted by hendro on Sabtu, 04 Februari 2012


Singkat cerita, SOPA dan PIPA itu salah satu RUU Amerika yang berencana untuk memberikan hak cipta dan hak untuk menindak langsung orang/situs yang terduga melanggar hak cipta.
 Contoh:
 - Video lip sync di youtube
 - jualan cd film/games disitus-situs tertentu
 - upload rekaman konser ke youtube
 - sharing software di mediafire dsb

SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software, dan semua barang digital dari pembajakan. SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut mereka, dan tentunya penggunanya. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari udanng-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.

 
Apa yang menjadi dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA ini ?
 
- Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat memintapenyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir akses ke situs web yang dianggap sebagai penyedia tempat pelanggaran hak cipta.

- Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat mengambil tindakan hukum untuk menggugat mesin pencari, situs blog, direktori, atau situs secara umum yang memiliki situs-situs blacklist untuk dihapus dari situs web mereka. Teknisnya, yaitu memerintahkan situs pencari seperti Google atau lainnya untuk mengubah query pencariannya dengan mengecualikan situs yang menyimpan konten ilegal. Jadi, jika Anda mencari di situs pencari, situs ini tidak akan ditemukan.

 
 Apa dampaknya bila undang-undang tersebut disahkan?
 
Dengan disahkannya SOPA dan PIPA, tentu saja akan membuat para raksasa sekelas Google, Yahoo,Facebook dan Mozilla berteriak. Bila Anda masih ingat, Mozilla sepanjang Desember lalu selalu menayangkan kalimat yang berbunyi "Kongres berusaha menyensor internet. Bantu Mozilla untuk memperjuangkan internet yang bebas dan terbuka. Bergabunglah sekarang!". Saat kalimat itu di-klik, pesan itu membawa ke tautan penjelasan apa itu SOPA dan PIPA. Sedangkan dampaknya secara global adalah pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap ilegal.



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar