Membuat URL SEF pada Website Joomla

Posted by hendro on Selasa, 22 Mei 2012


SEF atau Search Engine Friendly adalah berguna bagi sebuah website atau blog agar lebih bersahabat dengan mesin pencari atau Search Engine layaknya Google, Yahoo, Bing dan teman-temannya.


di atas adalah contoh sebuah URL website joomla yang masih bawaan. Dan ini tentu saja tidak tergolong SEF. Bahkan mungkin Mesin pencari akan menjauhinya. Disamping itu mudah juga dibacanya.


Yang kedua ini contoh URL yang sudah diberlakukan pengaturan SEF nya. Coba bandingkan ! lebih mudah mana untuk mengingat URL yang sedang kita buka ? tentu saja yang kedua.

Pada kesempatan ini mataberkedip akan coba sedikit share tentang bagaimana kita membuat URL joomla kita menjadi SEF (Search Engine Friendly). Fungsinya adalah untuk mengoptimalkan mesin pencari untuk mengarah ke Blog atau Web kita.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke Control Panel Administrator joomla lalu Site > Global Configuration. Setelah masuk ke Global Configuration di sebelah kanan ada tabel dengan judul SEO Setting.

2. Karena pada dasarnya URL Artikel joomla berantakan, Untuk merubahnya maka pada radio urutan pertama yaitu Search Engine Friendly URLs dari No pindahkan menjadi Yes. setelah itu klik apply diatas. Maka URL sudah berubah berubah.

3. Langkah selanjutnya yaitu menghilangkan index.php pada URL diatas. Caranya yaitu dengan memindahkan No menjadi Yes pada Use Apache mod_rewrite. Itu akan menyebabkan linknya dapat menghilangkan index.php tapi link akan menjadi error. Untuk mengatasinya yaitu sebelum kita mengubah mod_rewrite menjadi Yes, Kita rename file “htaccess.txt” menjadi “.htaccess” (tanpa tanda kutip). Dan untuk merubahnya silahkan ikuti postingan sebelumnya, Cara Merubah htaccess.txt menjadi .htaccess.

4. Langkah terakhir adalah menambahkan ektensi .html pada artikel yaitu dengan cara memindahkan Add Suffix to URL dari No menjadi Yes.

dan sekarang URL website joomla kita sudah menjadi SEF.

semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar