Merubah htaccess.txt Menjadi .htaccess

Posted by hendro on Selasa, 22 Mei 2012

File .htaccess adalah berguna jika kita akan menggunakan modus SEF (Search Engine Friendly) pada website Joomla, yaitu untuk pilihan Use Apache mod_rewrite. Akan tetapi sebelum bisa digunakan, file htaccess.txt ini harus dirubah terlebuh dahulu menjadi .htaccess.
Pada OS Linux, dapat dengan mudah dilakukan dengan menjalankan perintah rename, karena sistem operasi Linux mengizinkan pembuatan file seperti ini (file dimulai dari karakter titik).
Nah, bagi pengguna Windows hal ini tidak bisa dieksekusi, karena secara default, Windows tidak mengizinkan pembuatan file seperti ini. Dan biasanya akan muncul peringatan error seperti gambar ini:

Agar file htaccess.txt bisa diubah menjadi .htaccess perubahan nama file harus dilakukan melalui command prompt, dan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pertama-tama silahkah temen-temen download dahulu file htaccess.txt di cpanel. atau bisa melalui plugin Explorer Joomla. Tepatnya ada di direktori public_html.





2. Setelah di download letakkan file htaccess.txt tersebut di Drive D atau E pada komputer temen-temen. ini dimaksudkan agar nanti mudah mencarinya (syntax rename nya).

3. Langkah selanjutnya adalah dengan membuka command prompt dengan mengetikkan CMD pada Start =>> Run.
4. Setelah terbuka Jendela Command Prompt maka terlebih dahulu kita pindah ke drive D atau dimana tadi file htaccess.txt disimpan, dengan ketikkan D: lalu enter.
5. Kemudian untuk memastikan apakah file htaccess.txt itu ada kita ketikkan syntax dir lalu Enter  maka akan terlihat daftar folder atau file di drive D.




6. Pada langkah ini kita masukkan perintah untuk merubah file htaccess.txt menjadi .htaccess yaitu dengan menuliskan syntax berikut :

ren htaccess.txt .htaccess


7. Dan hasilnya bisa dilihat pada folder D pada PC temen-temen.

8. Pada umumnya ada sedikit yang harus kita rubah pada file .htaccess ini. yaitu bukalah dengan Notepad dan carilah file pada baris 53.
#RewriteBase /
jika script itu terdapat tanda pagar “#” diawalnya seperti tulisan diatas, maka hapus tanda tersebut kemudian Save.

9. Terakhir kita upload kembali file .htaccess tersebut ke cpanel pada posisi direktori yang sama.

Demikian semoga bermanfaat.

{ 1 comments... read them below or add one }

Afif Maulana mengatakan...

Mantap Gan. Thanks infonya

Posting Komentar